Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog

Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog - Hallo sahabat Visible to Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Dokumen Perjalanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog
link : Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog

Baca juga


Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog

Ada banyak hal yang tidak diinginkan oleh Anda saat sedang melakukan perjalanan ke negeri orang. Salah satunya adalah kehilangan paspor di negeri orang. Paspor adalah salah satu barang terpenting saat traveling ke negeri orang. Wajib hukumnya bagi traveler untuk menyimpan paspor di tempat yang paling aman. Namun musibah bisa saja terjadi, kehilangan paspor sudah lumrah terjadi.
Jika hal ini menimpa Anda, cobalah untuk tetap tenang dan berfikir jernih dan lakukan hal-hal berikut ini.
  1. Tetap tenang, dan mulai mencari
Ketika sadar paspor Anda hilang, tetaplah tenang dan menyingkir dari keramaian. Cari tempat aman dan mulai mencari dengan teliti di dalam tas. Pastikan tidak ada barang lain yang tercecer saat mencari atau membongkar tas. Jangan panik serta mulai mengingat kapan terakhir kali Anda melihat paspor tersebut.
  1. Lapor petugas kemanan
Saat sudah yakin bahwa paspor Anda hilang, segera cari petugas keamanan setempat atau polisi untuk melapor. Beri informasi barang apa saja yang hilang, apa hanya paspor atau bersamaan dengan barang lainnya. Ingat dan ceritakan secara rinci kronologis agar petugas keamanan atau polisi dapat membantu dengan mudah. Jangan lupa minta surat kehilangan.
  1. Lapor ke kantor imigrasi setempat
Ada beberapa negara yang mewajibkan Anda untuk menginput data kehilangan paspor di kantor imigrasi setempat. Surat dari kantor imigrasi ini dibutuhkan untuk membuat paspor sementara di KBRI. Anda dapat menyiapkan dokumen-dokumen yang masih ada untuk ditunjukkan ke petugas kantor imigrasi. Misal KTP, tiket pesawat untuk pulang, SIM, dan dokumen-dokumen lainnya.
  1. Buat paspor sementara di KBRI
Jika surat kehilangan sudah ditangan & data dari kantor imigrasi setempat juga sudah Anda pegang, langkah selanjutnya adalah menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat. Segeralah membuat paspor sementara, lengkap dengan cap jadi dan foto.
  1. Segera pulang ke tanah air
Kalau sudah memegang paspor sementara, pulanglah secepatnya. Gunakan paspor sementara ini saat pemeriksaan imigrasi di bandara. Ada baiknya Anda pulang secepat mungkin agar bisa mengurus paspor dan dokumen-dokumen lain yang hilang.

Selain tips-tips diatas, ada baiknya Anda menyimpan fotokopi dokumen-dokumen perjalanan Anda di tempat berbeda yang aman. Anda juga dapat menyimpannya dalam bentuk digital baik di handphone atau cloud sistem untuk memudahkan saat pendataan ulang.


Demikianlah Artikel Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog

Sekianlah artikel Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cerita Liburan Lakukan Hal Ini Saat Paspor Anda Hilang di Negeri Orang- RiangRia Blog dengan alamat link http://riangria-alien.blogspot.com/2015/09/cerita-liburan-lakukan-hal-ini-saat_21.html

Komentar