Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog

Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog - Hallo sahabat Visible to Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog
link : Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog

Baca juga


Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog

Kota seribu sungai.. pas sekali menggambarkan kota Banjarmasin. "Dahulu, sungai menjadi moda transportasi utama di sana. kini, seiring pertumbuhan ekonomi dan penduduk, pembangunan jalan raya, sungainya menjadi kecil, tidak seperti dahulu.." Begitulah pengakuan April, teman Rinka asli Banjarmasin. 

Pada tanggal 4 Juni, Rinka dan teman kantor yang bernama Achnes berangkat bersama ke Banjarmasin dalam rangka pekerjaan. Rute penerbangan dari Jakarta - Banjarmasin cukup ditempuh dengan waktu 1,5 jam dan ada pilihan 5 kali frekuensi penerbangan per harinya pada saat kami mau reservasi penerbangan. 

Kami dijemput oleh April, teman dari divisi sales kami di Banjarmasin. Karena April lahir dan besar di Banjarmasin, April selama 3 hari menjadi pemandu kami di Kota seribu sungai tersebut. Untuk masalah pekerjaan jangan dibahas di sini ya.. biar ngga bosan hehehe..

Di sela-sela meeting, tentunya Kami butuh makan.. di sinilah wisata kuliner kami dimulai :

1. Soto Banjar Bang Amat
    Soto Banjar ini khas Banjarmasin, dan menurut kami bagus apabila baru pertama kali ke Banjarmasin untuk berkunjung ke Soto Banjar ini. Tempat ini akan sangat penuh pada saat jam makan siang, jadi cobalah datang lebih awal sedikit agar bisa menikmati Soto Banjar ini. Soto Banjar berisi bihun, ayam, wortel, dan memiliki cita rasa kuah yang segar. Jangan pesan 1 porsi apabila kamu bukan pemakan porsi besar. pesanlah setengah porsi. Makan siang menghadap sungai ditemani musik khas banjar, nikmaat!
Soto Banjar Bang Amat

2. Lontong Orari
    Lontong Orari yang katanya sering dikunjungi selebriti (it's true.. bukti fotonya dipajang di dinding, hehe) Sajian khas di restoran ini adalah Lontong dengan Haruan dan Telur bebek.. Lontong berbentuk segitiga besaar (order setengah porsi saja apabila kalian tidak mau super kenyang dan menyisakan makanan) disiram kuah sayur santan dan di atasnya ditaruh haruan. Haruan adalah sejenis ikan gabus khas Banjarmasin dan dimasak dengan bumbu sampai penampilannya seperti rendang yang kemerahan. tetapi rasanya cenderung manis dan gurih, bukan pedas..

Lontong Haruan

3. Pondok Bahari
   April ingin mengajak kami merasakan nasi kuning khas banjar, makanya kami diajak ke sini. kami memesan nasi kuning khas banjar (lagi-lagi setengah porsi) dan 1 porsi burung punai goreng (isi 3). Nasi khas banjar berbeda dengan nasi orang sunda. Nasi sunda cenderung pulen dan tanak, sedangkan nasi di sini pera. Kami sih tidak masalah, karena pada dasarnya senang makan sih.. hahaha..
Nasi Kuning Khas Banjar

4. Pasar wadai
     Pasar yang hanya ada di saat bulan Ramadhan konon katanya menjual jajanan-jajanan tradisional seperti kue bebungku, kue bingka, dan lain-lain sebagai makanan berbuka puasa. kebetulan kami berkunjung bukan saat pasar tersebut sedang buka.. tapi kebetulan di sekitar area hotel ada toko yang menjual kue ini.. jadi kami beli deh.. begini penampakan kue manis yang chewy dan gurih ini :
Kue Bingka Pandan

5. Es Kelapa muda Mama Icha
    Setelah kami selesai meeting, udara yang cukup panas membuat April menyarankan kami berkunjung ke sini. tempatnya sangat sederhana, namun menu yang ditawarkan cukup menggiurkan. Contoh saja, es nyiur jahe gula habang, yang merupakan menu terunik yang kami dengar (dan tentunya langsung kami pesan) disajikan dalam batok kelapa, air kelapa telah terlebih dahulu diambil beserta daging kelapanya, kemudian sirup gula habang dan jahe yang telah dimasak sebelumnya dituang  ke dalam batok kelapa muda tersebut bersamaan dengan air dan daging kelapa muda. rasanya manis unik, dengan sensasi hangat jahe namun tetap segar layaknya air kelapa muda. selain gula habang, ada rasa karamel, dan juga rasa original. salah satu hidangan uniknya adalah gorengan kelapa muda. Kelapa muda yang telah dikerok dari buahnya, dicampur ke dalam adonan tepung manis, persis seperti memasak bakwan atau pisang goreng. rasanya tidak terlalu manis, enak dan gurih.
Nyiur Goreng

6. Jajanan di Pasar Apung Lok Baintan
    Pasar Apung yang terkenal salah satunya lewat iklan RCTI Oke jaman dahulu.. harus berangkat pagi-pagi sekali karena umumnya pasar apung hanya ada sampai jam 9. Pasar apung ada 2, yang kami kunjungi adalah Lok Baintan. Perahu yang kami sewa membawa kami menyusuri sungai sambil menikmati matahari yang diam-diam terbit.. sampailah kami di pasar terapung.. karena berangkat setelah sholat shubuh itulah kami merasa lapar, dan kalap membeli jajanan pasar di sana..mulai dari beras yang dimasak dengan santan dan disiram kuah haruan, kue hijau yang disiram saus kacang, klepon terbuka, apem, bolu, laksa, putu mayang, jeruk pakis(jeruk besar yang ternyata manis dan menyegarkan), atau jeruk keprok (jeruk yang biasa dipakai untuk es jeruk) kami bahkan ditawari untuk naik ke salah satu kapal milik ibu penjual dan diajak berkeliling pasar mencari kue-kue atau sekedar melihat-lihat. Perahunya sedikit oleng begitu saya naik.. hiii.. ternyata memang begitu, nanti setelah seimbang perahunya, akan nyaman sendiri (Rinka sih tidak berani pindah posisi duduk hehe) saran dari April, apabila ditawari seperti itu, sesudahnya jangan bayar mereka uang, beli saja apa yang mereka jual, mereka akan lebih menghargainya. mungkin akan lebih mahal sedikit, tetapi kita tidak mendukung masyarakat pengemis dan mata duitan. :)
Pasar Apung Lok Baintan

Aneka jajanan pasar searah jarum jam : Laksa, putu mayang, yamin, klepon terbuka, kue hijau



Tambahan  lagi nih 2 tempat yang tidak boleh dilewatkan :
1. Pasar Martapura
    Pasar ini khusus menjual batu.. yak betul batu akik yang sekarang sedang jadi trending topik di antara bapak-bapak, banyak yang dijual di sini. untuk para ibu-ibu yang tidak mengerti batu akik, kita berbelanja oleh-oleh sajalah ya ibu.. kaos, tas, dompet, sarung, bros dan kalung semuanya khas kalimantan dijual di sini. soal harga? bisa menawar.. namun kami sarankan daripada bersitegang dengan penjualnya, survey harga dulu saja.. bisa dilihat di toko lain karena umumnya serupa yang dijual. butuh cepat? mampirlah ke toko kalimantan..di sana koleksinya paling lengkap, dan semua ada..Toko-toko di Martapura umumnya tutup jam 5 sore.. jadi datanglah sebelum itu.. Selain belanja oleh-oleh, silakan cicip tailalah yang ada di pasar, terbuat dari Jengkol yang disiram atau dicocol saus kacang dan kue-kue lainnya. 
Jengkol dicocol saus kacang

Katanya ini anunya buaya penambah kejantanan (kami tidak mencoba, hanya foto)
  

2. Pusat Sasirangan
    Yak! apalah ibu-ibu kalau tidak mengunjungi pusat kain tradisional di Banjarmasin ini. sebenarnya di pasar Martapura pun ada koleksi sasirangan.. tetapi silakan kalau mau mengunjungi pusat sasirangannya juga.. Kalau ada yang sudah berkunjung ke cirebon, ada wilayah namanya batik Trusmi. Nah Pusat Sasirangan serupa dengan itu.. kisaran harga biasanya 60rb-400rb tergantung bahan dan motifnya.
Salah satu toko Sasirangan


Seru yaa ternyata Banjarmasin.. oiya satu lagi.. ternyata di sini nuansa islamnya kental sekali, jadi kami sarankan berpakaian yang agak tertutup saja (selain menghindari pandangan-pandangan tidak enak dari penduduk) tidak usah sampai memaksakan memakai jilbab, cukup yang sopan. Masjid yang tersedia pun cukup bersih. Bepergian di Banjarmasin bisa menggunakan ojek, angkutan umum, ataupun taksi. Hotel tempat menginap di Banjarmasin pun sudah banyak, jadi tidak usah bingung :) 

Keseruan pekerjaan dan liburan tambahan (yup kita extend satu hari) ini dipersembahkan oleh teman kerja super gila dan super seru, Achnes sri susanti si ibu-ibu tukang bawa tongsis ke mana-mana, heboh ketawa ketiwi sana sini tapi begitu dibawa kerjaan jaim hehehe.. walopun kerjaannya nyuruh motoin melulu, tapi bisa dijadiin sopir pribadi (dia bener-bener nyetirin aku di banjar baru dan bolak balik airport martapura tanpa nyasar) sama tukang angkut barang.. thank you yah ibu bulan..

Banjarmasin itu kurang lebih satu jam dari bandara, sedangkan Banjarbaru 20 menit dari bandara. Martapura itu adanya di Banjarbaru, sedangkan pasar apung adanya di Banjarmasin..Semoga tulisan saya membantu yaaa.. Ada masukan tempat-tempat lain yang belum saya datangi di Banjarmasin mungkin? silakan tambahkan yaa... :) 

Keywords : What to do in Banjarmasin, Kegiatan di Banjarmasin, Wisata Banjarmasin, tempat makan di banjarmasin, pariwisata banjarmasin




Demikianlah Artikel Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog

Sekianlah artikel Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Banjarmasin, Juni 2015 - RiangRiaBlog dengan alamat link http://riangria-alien.blogspot.com/2015/06/banjarmasin-juni-2015-riangriablog.html

Komentar