Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog

Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog - Hallo sahabat Visible to Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog
link : Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog

Baca juga


Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog

Baru 2 minggu yang lalu Rinka berkesempatan berkunjung ke Cirebon (lagi) dalam rangka kerjaan.. maklum karena pekerjaannya berhubungan erat dengan distributor dan toko-toko, jadi lumayan sering tim Rinka di kantor berkelana ke penjuru Indonesia. entah kenapa, dari sejak pertama masuk kerja, Cirebon selalu dikasih ke Rinka... jadilah, ini yang keempat kalinya berkunjung ke Cirebon..

Cirebon sangat dekat dengan Jakarta, bahkan pada perjalanan ke-3, yaitu bulan September lalu, Rinka dan rekan kerja sempat pulang pergi dalam sehari (capek siih..tapi jadi efisien sekali) terus pulangnya sakit, besok nya ngga masuk kerja.. haha.. 

Pergi ke Cirebon lebih baik naik apa? 
kalau kamu berencana liburan ke sana kemari dan ingin menghemat, naiklah kereta api, kemudian di sana naik angkot atau becak. Contoh, kalau Rinka dari Jakarta. Perjalanan Jakarta-Cirebon memakan waktu hanya 3 jam, jadi kamu bisa ambil kereta paling pagi dan sampai Cirebon masih banyak waktu untuk berjalan-jalan. Begitu malam, pulang naik kereta juga jadi tidak usah menginap.. bisa juga membawa mobil dari Jakarta jadi tidak pusing di Cirebonnya mau naik apa ke sana kemari..namun perjalanan memakai mobil bisa sampai 5 atau 6 jam tergantung kecepatan (dan frekuensi mampir di pantura hehehe).. so far menurut Rinka kereta masih the best..Oiya bisa juga menyewa mobil selama di Cirebon dengan tarif 85rb/jam untuk dalam kota (minimal 3 jam) hati-hati ya.. kalau menyeberang perbatasan sedikit, chargenya jadi minimal 5 jam atau 425rb..

Menginap di mana di Cirebon?
Hotel pilihan Rinka selalu Santika Cirebon. oh i am in love with this hotel.. lebay sih, tapi di tengah hiruk pikuk kota Cirebon dan panasnya yang membara, lobi hotel Santika selalu adem dan nyaman..untuk bepergian kali ini, belajar dari pengalaman, akhirnya Rinka memutuskan untuk menginap agar tidak terlalu capek.. kamarnya cukup besar untuk business trip, bahkan aku dapet upgrade begitu tahu sudah ke-3 kalinya menginap di sini..sarapan cukup, walaupun variasinya sedikit, tapi memang kita sebenarnya tidak butuh variasi yang terlalu banyak kan? toh setiap hari menu berubah..

Apa saja yang menarik di Cirebon?
Tempat wisata menarik di Cirebon sebenarnya banyak, tergantung kamu tipe wisatawan yang seperti apa.. ini adalah beberapa tempat yang menurut Rinka perlu dikunjungi untuk beberapa tipe

1. Tentunya belanja batik Trusmi, perkampungan batik yang menyimpan pusaka budaya Indonesia yang indah.. batik Cirebon itu kaya warna, cerah, dan motifnya juga mudah dipadupadankan menjadi busana sehari-hari ataupun busana resmi. untuk wisatawan tipe ibu arisan, tante hebring, atau ibu-ibu manapun, wajib deh ke sini.. selain harganya jauh lebih murah daripada di luar Cirebon, belanja berbasuh keringat dan usaha juga menjadi objek wisata tersendiri.. 

2. Wisata Kuliner. sebagai kota transit yang sebentar lagi menjadi penghubung kota-kota besar dengan jalan toll, kota Cirebon adalah ladang uang bagi pengusaha-pengusaha makanan, baik kecil-kecilan maupun perusahaan besar. Cirebon memiliki 4 mall besar, yang terbaru adalah CSB Mall, dari luar saja sudah wow sekali, di dalamnya toko2 yang sering dilihat di Jakarta sekarang sudah hadir di Cirebon, seperti Blackball, The Coffee Bean, Crocs, dan lain-lain. ada juga restoran di atas bukit bernama Kayu manis yang serupa "The peak" di Bandung, yang menyajikan fusion makanan tradisional dan modern. kalau weekend katanya ramai luar biasa... tetapi tetap saja restauran khas Cirebon masih merajai. sebut saja Nasi Jamblang (Nasi campur yang disajikan di atas daun Jamblang), Nasi Lengko (Nasi yang disiram saus kacang), dan terakhir, Empal Gentong. In fact, Empal Gentong terenak di Cirebon menurut Rinka adalah Empal Gentong Rasa. Rinka sudah merasakan 4 merek Empal Gentong terkenal di Cirebon (menurut pengakuan orang Cirebon) dan ini adalah yang paling enak. tempatnya tidak terlalu ramai, cenderung sejuk malah, kuahnya tidak terlalu bersantan, dan dagingnya empuk sekali. ayo para wisatawan kuliner, masih baanvak yang belum di-explore di Cirebon. kalau saja Rinka bukan karena urusan pekerjaan ke Cirebon, pasti sudah berkelana ke mana-mana nih... 

3. Wisata mistis. Heyy tidak seseram itu kok... in fact, agak seru juga.. contohnya nih, pada malam-malam tertentu, akan ada kerumunan masyarakat memadati masjid agung Cirebon keramat yang bentuknya seperti pendopo kemudian berdoa di sana. entah tradisi, entah kepercayaan.. tetapi seru aja kalau mendengar cerita-ceritanya. Konon ada juga jalan raya yang tidak boleh dilewati pejabat penting yang sedang menjabat, kalau tidak akan ada masalah selama dia menjabat. bahkan sudah ada cerita nyata pejabat yang langsung lengser karena melewati jalan tersebut (percaya atau tidak yaa).. kemudian ada keraton Sunyaragi, reruntuhan kuno di Cirebon yang harus dikunjungi.. 

4. Wisata alam. Banyak taman juga loh di kota Cirebon (agak panas sedikit tapi) lumayan laah menghirup udara segar setelah setiap hari bergumul dengan asap kendaraan bermotor di ibukota. keluar kota sedikit, ada Kuningan! a whole new experience there.. tempat untuk relaksasi, bersenang-senang, dan bersantai.. cocok buat keluarga, atau bersama teman-teman.. 

Seru kan? yuk berkunjung ke Cirebon dan Kuningan sekali-kali..sampai ketemu di postingan selanjutnyaa!  


Demikianlah Artikel Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog

Sekianlah artikel Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cirebon.. si kota transit yang sedang berkembang - RiangRiaBlog dengan alamat link http://riangria-alien.blogspot.com/2015/02/cirebon-si-kota-transit-yang-sedang.html

Komentar