Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog

Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog - Hallo sahabat Visible to Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog
link : Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog

Baca juga


Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog

Waw ini pertama kalinya Rinka bikin blog di internet..

Postingan pertama Rinka berisi tentang rencana liburan akhir tahun 2013 di Turki bersama suami tercinta dan papa mama mertua...tapi selain itinerary selama di negeri indah ini, ada sedikit latar belakang, ilmu, tips dan trik juga kalau-kalau ada yang mau liburan ke sana..

Kenapa Turki?
Ide pertama untuk pergi ke Turki awalnya berasal dari suami, yang mengaku keturunan Turki (dari kakek buyut buyut buyut yut yut yut) jadi dia merasa harus pulang kampung ke sana.. well, siapa yang ngga mau pergi ke tempat seindah Turki? Ada beberapa alasan kenapa Turki perlu menjadi places to go before you die :
1. Udara bersih (dibandingkan Jakarta, kota-kota lain umumnya memang selalu tampak lebih baik)
2. Mayoritas muslim, jadi di mana-mana ada masjid dan makanan halal
3. Aspek sejarah islami nya sangat berlimpah
4. Kotanya luar biasa bersih, trotoar lebar jadi nyaman untuk berjalan kaki
5. Akses ke mana-mana gampang

Kapan enaknya berkunjung ke Turki?
Sebenarnya Turki nyaman untuk dikunjungi sepanjang tahun.. tapi yang paling ramai adalah musim panas dan menjelang musim semi.. yaitu sekitar bulan April-Juni.. Rinka sarankan kalau yang tidak terlalu suka ramai, pergilah di musim gugur, di saat itu udara cukup dingin, tapi belum terlalu dingin, dan masa liburan telah berakhir jadi tidak banyak tempat yang tutup... Rinka dan keluarga berkunjung di bulan Desember, pada saat musim dingin. Tenang, musim dingin di Turki tidak bersalju lebat seperti kebanyakan negara Eropa, hanya udara dingin dan suhu di Turki di bulan ini berkisar antara 6-15 derajat celcius tergantung kota yang dikunjungi. Ada baiknya selalu memantau perkiraan cuaca di internet untuk tahu trend cuaca di Turki, karena tidak seperti di Jakarta, mereka memakai perkiraan cuaca sehari-harinya, terutama di kota yang cuacanya sering berubah seperti di pesisir.

Tur atau arrange sendiri?
Kebetulan karena Rinka pergi dengan papa mama mertua yang sudah pernah ke sana, plluuss Turki adalah kota yang sangat mudah dimengerti aksesnya.. jadi kita tidak menggunakan tur, dan memilih arrange semuanya sendiri. Menurut Rinka, keputusan untuk lewat tur atau arrange sendiri punya kelebihan dan kekurangan masing-masing..

Tur
+ segalanya sudah diurus, tinggal bayar, semuanya beres
+ ada pemandu yang akan menjaga, memandu, menjawab pertanyaan dan keluhan sepanjang perjalanan
- membutuhkan waktu lebih panjang
- restoran dan hotel yang dipilih kadang tidak sesuai selera

Arrange sendiri
+ waktunya bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari kapan berangkat, kapan pulang, dan lamanya
+ bisa memilih hotel sendiri, tujuan nya mau ke mana saja
- lebih mahal --> ini relatif sih, bisa juga jadi lebih murah
- lebih butuh persiapan ekstra

Kota apa yang ingin dikunjungi?
Tentunya, kalau ikut tur semua paket perkenalan Turki akan dikeluarkan.. kota-kota dan atraksi wajib Turki akan masuk ke dalam rencana perjalanan. Tapi, waktu yang tersedia untuk cuti kemarin lumayan sempit, yaitu 7 hari (termasuk sempit untuk perjalanan ke Turki, yang umumnya memakan waktu 10-14 hari). Jadilah EO dadakan ini (baca: Rinka) bekerja. website yang sangat berguna untuk menentukan pilihan adalah
http://www.tripadvisor.com/
http://www.lonelyplanet.com/
http://www.goturkey.com/en/
dan juga beberapa blog yang Rinka lupa namanya.. hehe.. Ada tips untuk arrange liburan sendiri, coba browsing itinerary tour yang tersedia, seleksi tempat mana saja yang mau dikunjungi, dan mulai buat itinerary yang mirip.. jangan lupa ada beberapa kota yang enaknya dikunjungi pada musim-musim tertentu...
Tetapi menurut Rinka ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk yang pertama kali ke Turki dan enak dikunjungi sepanjang tahun:
a. Istanbul
Kota yang wajib dikunjungi untuk yang pertama kali ke Turki. Tempat paling menarik untuk dikunjungi di Istanbul adalah Hagia Sophia (atau Aya Sofia), Topkapi Palace, Blue Mosque, Dolmabahce Palace, Pierre Lotti Hill, Asian Hill, Bosphorus cruise, dan lainnya. Tips : tolong diingat ada jadwal tutup untuk beberapa tempat seperti Topkapi Palace (tutup hari Selasa), Hagia Sophia (tutup hari Senin), dan Grand Bazaar (tutup hari Minggu.. kalau ingin menyaksikan jadwal show seperti whirling dervish, ada baiknya book sehari sebelumnya (bisa lewat hotel, kalau hotel menyediakan) atau datang langsung di Hodja Pasha.
Hagia Sophia
 b. Cappadocia
Daerah pegunungan yang terkenal dengan atraksi balon udaranya. daerah ini menyimpan bebatuan dari pegunungan yang unik dan tidak ada di tempat lain selain Cappadocia. Hotelnya juga diukir di pegunungan berbatunya jadi terasa sangat unik dan romantis. tetapi tempat ini banyak sekali daerah terjalnya, dan umunya atraksinya berbau nature. jadi kurang cocok untuk papa mama mertua. mungkin kalau nanti ada rejeki lagi Rinka dan suami akan honey moon ke sini (aamiiinn). Untuk menuju ke Cappadocia, bandara terdekat adalah Nevsehir atau Kayseri. dari situ perjalanan menggunakan bus ke Cappadocia. kalau menggunakan tur, seluruh kota yang akan dikunjungi semuanya menggunakan bus. makanya perjalanannya bisa memakan waktu hingga 14 hari.
Cappadocia


c. Pamukkale & Ephesus
Pamukkale adalah air panas yang terbentuk secara alami di antara batuan limestone yang unik. formasinya yang betul-betul indah membuat ini dinamakan Pamukkale (Cotton castle dalam bahasa Turki). Sedangkan Ephesus adalah kota antik jaman dahulu yang masih dijaga sampai sekarang. Nah ini agak tricky, ternyata untuk menuju 2 tempat mengagumkan ini, kita tidak bisa langsung seperti di Istanbul. Bandara terdekat adalah Izmir, kemudian ke Pamukkale dan Ephesus menggunakan bus. kalau di Indonesia, seperti Borobudur. kita tidak bisa langsung ke Borobudur, tetapi penerbangan ke bandara terdekat seperti Jogja, kemudian naik kendaraan ke Magelang. Tetapi jangan takut, di Izmir juga banyak atraksi menarik karena Izmir termasuk kota kecil yang maju.
Ephesus
Pamukkale

d. Antalya
Kota terakhir yang Rinka browse, tetapi menjadi kota tujuan yang akhirnya didatangi. Kota ini mungkin tidak terlalu terkenal seperti Istanbul, tetapi pamornya cukup terkenal kok.. di sini banyak jejak sejarah yang terpengaruh oleh Romawi, Yunani, dan tentunya Islam. jadi sangat menarik melihat semuanya menyatu dalam satu rangkaian jejak sejarah. Antalya terletak di pesisir pantai, jadi cuacanya kadang-kadang hujan, terutama di musim dingin seperti Desember. Tidak seperti Pamukkale, Ephesus dan Cappadocia, di Antalya, atraksinya terletak dekat dengan pusat kota jadi bisa ditempuh lewat darat tidak terlalu lama.. Atraksi yang terkenal antara lain adalah Ancient city of Perge, Aspendos, Side, dan berbagai air terjun di Antalya.
Perge


Apa yang harus disiapkan sebelum pergi ke sana?
Pertama, tiket dan paspor.
- coba search di internet untuk tiket yang paling murah saja.. tapi FYI, penerbangan ke sana kurang lebih 11 jam.. jadi cobalah cari penerbangan yang agak nyaman dengan kualitas maskapai yang terjamin..
- Paspor, jangan lupa selalu lihat kapan tanggal expirednya... kalau mendekati 6 bulan, segera update!
- Tambahan, tidak apa mengeluarkan uang ekstra untuk asuransi penerbangan, karena namanya juga di negri orang, kalau ada apa-apa sulit juga kalau tidak punya pegangan...
- dan juga, fotokopi semua dokumen, terutama paspor dan tiket. dan simpan di tempat terpisah..

Kedua, Visa
Untuk mendapatkan visa, sangat mudah! tidak perlu lagi Visa On Arrival, cukup daftar lewat e-visa, pembayaran menggunakan credit card (dijamin aman) dan voilla! tinggal print dan jadilah e-visa untuk dibawa.. benar-benar memotong waktu antrian setelah kita landing di sana. ini adalah website yang bisa diakses untuk e-visa :
https://www.evisa.eu.com/ --> dikelola swasta
https://www.evisa.gov.tr/en/ --> dikelola pemerintah
Tapi untuk berjaga-jaga, simpanlah nomor kedutaan Indonesia di Turkey.. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kan?

Ketiga, Hotel
Sudah tahu akan pergi ke kota mana di Turkey? kalau sudah, asik nih.. tinggal searching di internet hotel2 apa saja yang cocok untuk kamu. Sekedar tips, untuk tahu hotel yang cocok untuk kamu di Turki, ada beberapa hal yang harus diperhitungkan :
- biaya (berapa banyak yang mau kamu habiskan untuk hotel)
- fasilitas (jangan mau hanya murah tetapi tidak dapat apa-apa, bandingkan semua range harga dengan apa yang didapat.. free wifi biasanya jadi incaran hotel anak muda untuk posting foto2 di turki, hihi)
- lokasi (sudah murah, dapat fasilitas enak, tapi jauh dari mana-mana? sama saja susah dong.. perkirakan akan lebih banyak mendatangi atraksi mana, lokasi hotel jangan jauh2 dari situ.. karena berdasarkan pengalaman Rinka dan keluarga, berjalan kaki di Turki sangat nyaman, jadi kurangilah naik taksi karena rawan penipuan)
- Review (biasanya Rinka dapat dari Agoda atau tripadvisor). review penting loh, apalagi jumlah reviewernya sudah banyak (utamakan yang reviewernya sudah banyak, dan ratingnya bagus) tetapi tidak usah terlalu diperhatikan komen-komen kecil negatif karena itu yaa biasanya lagi apes aja..

Keempat dan terakhir, baju dan sepatu
sudah searching tentang cuaca di kota Turki yang mau didatangi? baguus.. karena itu akan berpengaruh terhadap apa yang akan kamu pakai nanti.. Secara umum, saran dari Rinka bawalah ini :
- jaket yang bertudung, karena kadang-kadang suka hujan di seluruh Turki..
- sunblock (walaupun cenderung sejuk, sinar UV tetap berbahaya buat kulit)
- kacamata hitam (biar keren)
- sepatu tahan air(tidak usah bawa banyak sepatu, bawa 1 cukup)
- sendal hotel, siapa tahu di hotel yang kamu book tidak menyediakan sendal
- tidak usah bawa universal adapter, colokan biasa saja, karena colokan di Turki sama dengan Indonesia, kepala 2 bundar kecil
- obat-obatan
- sambal (kalau ada yang kurang cocok dengan lidah kebab)

untuk persiapan, sekian dulu yaaah... semoga cukup membantu kalau ada yang membutuhkan.. blog berikutnya adalah tentang perjalanan Rinka dan keluarga di Turki... stay tuuune! Good night!

- Rinka Apsari-



Demikianlah Artikel Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog

Sekianlah artikel Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Liburan di Turki..Planning - RiangRiaBlog dengan alamat link http://riangria-alien.blogspot.com/2014/01/liburan-di-turkiplanning-riangriablog.html

Komentar