Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog

Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog - Hallo sahabat Visible to Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog
link : Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog

Baca juga


Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog

Tadinya saya tak mengerti, kenapa sebuah klub sepak bola di Spanyol bernama Espanyol. Bukankah kalau menuruti kaidah bahasa Spanyol yang baik dan benar, klub itu sepatutnya bertuliskan Espa�ol (� dibaca ny)? Saya juga dibuat bingung singkatan klub Barcelona, Bar�a. Kan nggak ada huruf � (dibaca s) dalam bahasa Spanyol?
Sebelum bertolak ke Barcelona akhirnya saya mengerti, Espanyol dan Bar�a itu termasuk dalam bahasa Katalan. Bahasa yang sebenarnya sudah saya kenal sejak kecil, tepatnya sejak membaca seri anak-anak Tini - jangan-jangan sejak TK, ya? -, yang selain diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, juga 95 bahasa lain berikut Katalan. FYI, saya pun belum lama tahu kalau di Spanyol juga ada bahasa Basque dan Galicia. Nah, 5 hari sebelum berangkat ke BCN, pacar teman saya, seorang Jerman bernama Wolfgang, memberi tahu, bahasa Katalan itu ibarat duet antara bahasa Prancis dan Spanyol.
Wolf ada benarnya. Sortida, atau jalan keluar dalam bahasa Katalan, perpaduan antara sortie-nya bahasa Prancis dan salida-nya bahasa Spanyol. Tapi nggak mesti begitu, sih. Intinya, kalau tahu salah satu dari sekian bahasa yang berakar pada bahasa Latin - percaya deh, sebaiknya bahasa Prancis -, nggak bakal susah mengidentifikasi yang lainnya. Saat lewat area Passeig de Gracia dengan Vicki, seorang penggila klub Barcelona memberikan poster bertuliskan Felicitats Campions, sebagai ungkapan kegembiraan atas keberhasilan Barcelona menjuarai Liga Spanyol malam sebelumnya. Kalau dalam bahasa Spanyol, mestinya poster itu bertuliskan Felicidades Campe�n. Di sepanjang tur di Barcelona, saya jadi rajin memperhatikan tulisan berbahasa Katalan. Benvinguts, ciutat, els, tant, estadi, tot, barri, carrer, estaci�, mercat, caixa, itulah antara lain kata dalam bahasa Katalan yang saya lihat. Hihihi, kalau saya ingat, lucu juga saya berusaha mengartikan setiap kata dalam bahasa Katalan. Saya sempat menangkap maksud yang disampaikan seorang petugas metro di stasiun, stasiun apa ya, Catalunya mungkin, yang mengatakan metro tidak melewati stasiun tertentu karena ada perbaikan. Waktu itu saya banggaaaaaaa sekali. Ya pastilah, soalnya saya kan nggak pernah belajar bahasa Katalan.
Sejak saat itu, saya tergila-gila pada bahasa Katalan. Pada dasarnya saya suka bahasa, tapi nggak banget kalau bahasa Jepang. Bukan trio huruf Hiragana-Katakana-Kanji yang bikin pusing, melainkan tata bahasanya. Habis beda dengan bahasa Indonesia dan Inggris - juga Prancis dkk -, objek kok letaknya mendahului predikat! Eh, kok jadi ngawur ngomongin bahasa Jepang? Ya sudah, kembali ke bahasa Katalan. Saking senangnya pada bahasa itu, saya suka menggunakannya dalam blog atau situs jaringan sosial seperti MySpace. Sampai-sampai seorang kenalan saya di MySpace bertanya, "Kau bisa bicara bahasa Katalan?" Ya nggaklah. Wong bahasa Spanyol saja belum becus, Katalan lagi.


Demikianlah Artikel Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog

Sekianlah artikel Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cerita Berlibur Belajar Bahasa Katalan - RiangRia Blog dengan alamat link http://riangria-alien.blogspot.com/2007/03/cerita-berlibur-belajar-bahasa-katalan.html

Komentar